
RI News Portal. Jakarta, 24 Juni 2025 — Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti menegaskan bahwa literasi di Indonesia masih berada pada tingkat yang memprihatinkan. Dalam forum nasional “Pak Menteri Menyapa Guru Bahasa Indonesia”, Abdul Mu’ti mengidentifikasi lima penyebab utama rendahnya literasi siswa di Indonesia, yang tidak semata-mata berkaitan dengan kemampuan teknis membaca, tetapi juga menyentuh aspek mendalam terkait fungsi bahasa dalam kehidupan sosial, kultural, dan intelektual.
1. Kegagalan dalam Memahami Bacaan: Functional Reading yang Lemah
Mu’ti menegaskan bahwa problem literasi di Indonesia bukan karena siswa tidak bisa membaca huruf, melainkan karena mereka tidak mampu memahami makna dari apa yang dibaca. Hal ini menandakan kegagalan dalam functional reading—kemampuan untuk membaca secara kritis dan fungsional dalam kehidupan sehari-hari. Konsekuensinya, siswa seringkali gagal menginterpretasikan informasi, menarik kesimpulan, atau memecahkan masalah berbasis teks yang dibaca. Ini menjadi tantangan utama dalam konteks pembelajaran berbasis kurikulum merdeka yang menuntut pemahaman mendalam, bukan sekadar hafalan.

2. Keterbatasan dalam Menggunakan Bahasa sebagai Alat Komunikasi
Selain persoalan membaca, Mu’ti juga menggarisbawahi lemahnya kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi yang efektif. Penguasaan bahasa bukan hanya instrumen pengiriman pesan, melainkan juga alat berpikir dan berekspresi. Ketidakmampuan siswa dalam menyusun argumen secara logis dan runtut mengindikasikan lemahnya thinking skill yang terinternalisasi dalam kompetensi berbahasa mereka. Dalam pendekatan pendidikan berbasis kompetensi, hal ini menjadi hambatan serius dalam pencapaian profil pelajar Pancasila.
3. Kemunduran Keadaban Berbahasa di Ranah Publik
Penyebab ketiga berkaitan dengan aspek etik dalam berbahasa. Mu’ti menyoroti munculnya fenomena degradasi keadaban dalam komunikasi, terutama di media sosial. Banyak siswa maupun masyarakat umum tidak lagi menggunakan bahasa dengan empati, kesantunan, dan tanggung jawab sosial. Ini menandakan krisis dalam literasi etis, yakni kemampuan menggunakan bahasa secara bijak dalam ruang publik. Dalam ranah pendidikan karakter, keadaban berbahasa merupakan fondasi penting yang belum terinternalisasi secara sistemik dalam sistem pendidikan nasional.
4. Minimnya Kesadaran Bahasa sebagai Identitas dan Kedaulatan Bangsa
Abdul Mu’ti menyayangkan rendahnya kesadaran siswa terhadap nilai strategis bahasa Indonesia sebagai simbol kedaulatan nasional. Padahal, bahasa Indonesia sejak Kongres Bahasa 1983 telah ditegaskan sebagai instrumen pemersatu bangsa yang mampu melampaui sekat-sekat etnis dan budaya. Ketidaktahuan ini menjadi ancaman ideologis dalam pembentukan jati diri generasi muda yang semestinya menjadikan bahasa sebagai alat perjuangan, bukan sekadar alat komunikasi teknis.
Baca juga : Gencatan Senjata Israel–Iran Diumumkan Trump: Babak Baru Diplomasi Krisis Timur Tengah
5. Bahasa Belum Diposisikan sebagai Pilar Peradaban
Terakhir, Mu’ti menekankan pentingnya menempatkan bahasa sebagai fondasi pembangunan peradaban. Pengakuan internasional terhadap bahasa Indonesia dalam forum UNESCO seharusnya menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk lebih serius mengintegrasikan bahasa dalam agenda kebudayaan, diplomasi internasional, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Minimnya perhatian terhadap aspek ini menunjukkan adanya jarak antara kebijakan simbolik dan implementasi substansial dalam tata kelola kebahasaan nasional.
Pemaparan Abdul Mu’ti mengungkap betapa literasi di Indonesia adalah problem multidimensi—mencakup aspek kognitif, linguistik, etis, kultural, hingga geopolitik. Dari perspektif kebijakan pendidikan, diperlukan integrasi lintas sektor: antara kurikulum, pelatihan guru, penguatan budaya baca, dan penggunaan teknologi secara kritis. Pengembangan literasi tidak dapat hanya dibebankan pada lembaga pendidikan formal, tetapi memerlukan sinergi antara negara, masyarakat, dan keluarga.
Untuk itu, solusi strategis harus dirancang secara berlapis, mulai dari pelatihan literasi kritis sejak pendidikan dasar, penguatan kompetensi guru bahasa, integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran, hingga kebijakan publik yang berpihak pada penguatan ekosistem literasi nasional.
Dengan pengakuan bahasa Indonesia di tingkat dunia dan urgensi peningkatan kualitas generasi muda, Indonesia memiliki potensi besar untuk membalik krisis literasi menjadi momentum kebangkitan intelektual dan kultural bangsa.
Pewarta : Yogi Hilmawan

#rinewsadvertaising, #iklanrinews, #ruangiklan, #terkinirinews,
#beritarinews, #viralrinews, #updaterinews, #inforinews,
#beritarepublikindonesia, #beritaindonesia, #republikindonesianews,
#indonesianews, #republicindonesianews, #republicindonesiannews,
#beritacepat, #beritabaru, #ri_news, #republikindonesiaportal, #pertalberitaindonesia,
#rinewsportal, #republikindonesiaportal, #republicindonesianewsportal, #republicindonesianportal
#teman, #all, #wartawan, #berita